Selasa, 22 Januari 2019

ASI versus SUFOR

ASI perah Ibuk Kinan  

Sudah tahun 2019 tapi masih aja ada yang pro dan kontra soal ASI atau SUFOR. Mana yang terbaik? Menurut buk ibuk semua gimana??
*tepok jidat*



CERITA KINAN DAN ASI 
Kinan cuman kenal ASI sampai usia 4 bulan. Itupun ga full. Kalo full ASI malah cuman 1 bulan aja. Saya sebagai ibuk baru sudah berupaya segala macam untuk bisa mengASIhi Kinan sepenuhnya. Dari yang saya konsultasi dengan AIMI JOGJA sampai ambil sessi datang ke rumah, trus saya juga ke dokter anak yang pro ASI di daerah jalan Magelang. Tapi hasilnya masih belum maksimal. 
Lho kok belum maksimal? Iya. Indikatornya adalah berat badan Kinan yang hanya naik 200 gram selama 1 bulan. Menyedihkan memang. Itu semua karena saya yang masih gengsi buat ngenalin Kinan ke SUFOR. 
Mulanya saya ambil sesi konseling dengan AIMI JOGJA waktu itu. Konselor datang ke rumah. Saya diajari gimana caranya menyusui dengan benar. Yang salah dikoreksi. Konselornya datang di jam pas Kinan bangun tidur dan mau nenen.   Oh, saya panggil konseling itu gegara puting saya lecet. Kenapa lecet? Kinan kalo nyusu lama dan kenceng. Saya baru tau kalo Kinan nyusunya lama karena dia ga kenyang. Jadi lamaaaaaa banget. Trus hanya sebagian payudara aja yang lancar, yang lainnya belum lancar. Saya blom tau kalo ternyata selama Kinan tidur saya bisa memompa payudara saya. Sungguh saya awal dalam hal menyusui waktu itu. Ini yang saya sesalkan selama saya hamil saya tidak mengedukasi diri saya sendiri dengan ilmu soal persusuaan #dududu
Berikutnya saya ke dokter anak. Rekomendasi dari konselor AIMI waktu itu. Lokasinya di jalan Magelang. Lokasi yang agak jauh dari rumah saya. Saya tarik ulur ke dokter ini, soalnya suami saya agak kurang mantep. Bukan karena gimana-gimana soal dokternya ya. Tapi saya rasa sih juga dipikirnya tidak ada masalah dengan Kinan dan cara menyusuinya. Pun dengan Tounge Tie , katanya anak saya ada bakat ke sana  (coba bisa digoogle soal Tounge Tie ini ya...hehehe) Tapi akhirnya kami ke dokter itu. Disana hampir lebih dari 2 jam saya belajar menyusui. Saya duduk di kursi yang paling  nyaman yang pernah ada untuk menyusuli #halah sambil diajar gimana caranya mencet puting, liatin mata Kinan kalo lagi menyusui dan juga pompa. Ahya, waktu itu Kinan udah mulai tantrum kalo mau nyusu. Dia laper kali ya. Trus sekalinya nyusu ga keluar banyak. Dianya ga kenyang. Saya tuh ya nyesel, dapet kado pompa asi kok ga saya pake. malah saya pake manual. pake tangan ditaruh digelas. Yang hasilnya juga segitu aja. *sedih ngingetnya*
Saya berjuang untuk ngasih ASI ke anak saya, tapi kalo ada yang nyiyir, kok anaknya dikasih SUFOR? pengen deh lempar botol asi ke mukanya yang nyiyir itu. Sedih akutu! #dududu 

Balik lagi ke dokter tadi ya. Sampai lebih dari 2 jam tapi asi saya ya segitu gitu aja, dan si Kinan ga kenyang kenyang *ya iyalah*. Akhirnya, waktu konsul ke dokter, si dokter bilang. Ibu rajin mompa, tapi bukan untuk stock. Mompa pas anak tidur, diminumkan di awal, nanti kalo dah setengah kenyang baru menyusui langsung. Saya disuruh datang lagi minggu depan. Trus saya nanya, kalo masih tantrum juga anaknya gimana dok, si dokter bilang ya terpaksa pake SUFOR.  Sesaat setelah dari dokter itu, suami saya mampir ke SUPERINDO beli SUFOR buat Kinan. Yang milih SUFOR apa yang dibeli juga suami saya. Saya mah iyain aja. Milihnya gimana? Browsinglah. Masa iya dicobain dulu ke bapaknya.....hahaha

Jadilah sejak itu, Kinan minum SUFOR tapi dicampur ASI juga. Maksudnya dicampur ga trus sebotol isinya ASI dan SUFOR ya. Tapi ada saat Kinan minum ASI dulu, seadanya saya punya stock ASI, kalo kurang yang pake SUFOR. Biasa dia minum berapa botol dalam sehari sedangkan stock ASI saya terbatas maka bisa dikombine. Begitulah. 
Dan foto diatas adalah fase dimana saya masih rajin mompa dan dapet sekitar 120an mili. Itu prestasi. Sebab kalo saya mompa, hasilnya ga lebih dari 50-75mili. Jarang banget sampe 100mili. Itulah kenapa Kinan tantrum. Dia blom kenyang. 
Selain konselor dan dokter, saya juga minum dan makan apa yang disinyalir bisa jadi ASI BOOSTER. Daun katuk, jamu paitan, suplemen, pijit dan lain sebagainya. Tapi sekarang saya bisa bilang kalo bisa menyusui itu GIFT. Ada yang ga bisa maksimal dalam memberi ASI bukan berarti GAGAL. Bukan berarti BURUK. 

Bisa memberi ASI itu luar biasa. Sampai jadi S2 ASI itu juga baik. Tapi dengan memberikan SUFOR menurut saya juga sebuah pilihan terbaik untuk anak saya waktu itu agar ia mendapat kecukupan gizi. 
SUFOR itu bukan Racun kata dokter Tiwi pada saat saya ikut seminar MPASI waktu beliau ada di Jogja waktu itu. Kalo terindikasi anaknya kurang berat badannya, ya dicoba untuk diberi tambahan atau istilahnya di sambung dengan SUFOR juga gak masalah kok. 

Berikut adalah tabel kenaikan berat badan yang bisa jadi acuan buk-ibuk semuanya ya. Saya dapat ini waktu seminarnya dokter Tiwi 


Tabel Kenaikan BB 
source : klinik dokter tiwi 
umur kenaikan 
0-3 bulan 700-900 gr/bulan 
4-6 bulan 600 gr/bulan 
7-9 bulan450 gr/ bulan 
10-12 bulan 200-300 gr / bulan 
> 1 tahunminimal naik 2 kg/ tahun 

MEMILIH SUSU FORMULA YANG BAIK 
Berdasarkan sepengetahuan saya ya buk-ibuk , kebetulan Kinan ga pernah ganti susu sampai hari ini. Cuman ganti level aja, waktu 0-6 bulan level 1, 6-1 level dua dan sekarang 1-3 tahun level 3 *udah kayak seblak ya pake level segala* 
1. Pilih susu formula yang terbuat dari susu sapi. Tapi ini juga perlu di cek dulu ya buk...soalnya kalo anaknya potensi alergi susu sapi ya mending diganti susu formula yang mengandung kacang kedelai. biasanya sih kalo masih 0-6 bulan masih bisa tahan pake susu sapi. Soalnya kalo susu kedelai mengandung  glukosa. Takut ngerusak gigi buk. Nah soal cocok ga cocoknya SUFOR ini mesti diliat lagi dari beberapa faktor. PUPnya setiap hari kan? WARNA PUPnya seperti apa? anaknya BATUK , MUAL, MUNTAH atau engga, ini jadi indikator cocok atau engganya si anak dengan SUFOR yang dipilih.
Kinan sih cocok aja dengan SUFOR yang Ayahnya dipilih, alhamdulilah....

2. Bukan dari mahalnya harga, yang menjadikan sebuah susu formula menjadi yang paling baik. Yang paling cocok dengan anak kitalah yang paling baik. Dan penting juga untuk melihat kemampuan kita sebagai orang tua. Saya sama suami sepakat pilih yang harganya terjangkau untuk kita. Dan kebetulan sekali pilih cocok. Kalo tetiba ga cocok, pilih yang harganya setingkat diatas pilihan pertama kita. begitu seterusnya. Kan banyak pilihannya kan bu ibuk....yang paling penting adalah baca kemasan di susu formula Kandungannya seperti apa. Konon yang saya dapat dari obrolan beberapa teman, semua kandungan susu formula itu baik. Cuman budget promosinya aja yang membedakan susu formula jadi mahal apa ngga #duh Itu katanya lho. Tapi menurut saya ada benerenya juga sih #hahaha 

Susu Formula sebenernya secara umum sudah memiliki kandungan gizi yang setara satu dengan yang lainnya, asalkan si anak baik-baik saja, tanpa ada ganguang fungsi tubuh...ya lanjutkan saja . Cocok atau baiknya susu formula bergantung pada masing-masing anak.  Tidak ada yang bisa menandingi kebaikan ASI , tapi kalo kondisi tertentu mengaharuskan si anak minum SUFOR, maka jalani saja. Kalo masih bingung soal sufor ini, atau ada ganguan ketika mengkonsumsi sufor, sebaiknya konsultasikan ke dokter. 
#demikianlah 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar