Senin, 14 Januari 2019

Tips Bermain di Playground



Weekend tlah tiba. Weekend tlah tiba. Horeeeey!!*nyanyi mode on* 
 Bukan cuman Kinan-nya yang seneng, tapi Ibuknya juga. Libur soalnya . Jadi bisa seharian maen sama Kinan. Plus ngajakin Kinan dolan. Kinan paling seneng diajak dolan. Mungkin doi bosen juga kali ya di rumah terus  (Yha kali anaknya dah ngerti bosen, buk. Hehehe ) Hari hari sih ngajakinnya dolan ke warung buat beli cemilan atau lauk. *ketawa lagi*. Bukan apa-apa, naik  motor trus keliling kampung juga kayaknya definisi dolan menurut Kinan, #dududu 




HOREEEY WEEKEND 
Weekend kemaren Kinan, Ayah dan Ibuk pergi ke Playground yang ada di Jogja City Mall. Namanya KIDZOONIA. Sebuah arena bermain berbayar diadaptasi dari Jepang yang ramah buat anak-anak. Ada beberapa arena disana. Diantaranya ball pool, role play town, sound yard, toy corner. Dan bisa ditebak dong mana yang jadi favoritnya Kinan?? Yaaaap, BALL POLL alias kolam bola. Diajak muterin semua arena, ujung-ujungnya mainan di kolam bola. Mungkin karena yang lainnya juga masih belum mudeng kali ya  anaknya.
Untuk Role Play Town , disana ada beberapa stand disana. Sushi Bar, Post, Burger Store, Hospital, Flower Store, Police Station . Disana anak-anak yang usianya lebih besar dari Kinan bisa role playing, Jadi tukang jualan bunga, jualan burger, polisi sampai pemadam kebakaran. Jadi inget masa kecil Ibuk yang suka role playing jadi Bu Guru, Dokter, jadi sekretaris, jadi tukang jaga toko, jadi penjual di pasar, sampai jadi kasir. Ohya jadi ibu rumah tangga juga suka. Tugasnya antar jemput anak *hahaha*.
 Kalian pernah juga ga maen role playing gitu?? jadi apa aja??


TIPS BERMAIN DI PLAYGROUND 
Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang menurut saya harus diperhatikan selama kita mengajak anak-anak ke playground. Diantaranya :

# Pilih tempat bermain yang nyaman dan aman untuk anak. 
Saya pernah ngajak Kinan ke playground di mall. Bukan playground berbayar sih, cuman arena kecil yang memang disediakan mall untuk para orang tua yang punya anak kecil gitu. Sayangnya arena bermainnya gak cocok untuk Kinan yang waktu itu masih dibawah 1 tahun. Alat permainannya tuh kayak bola yang digantungin truss dinaikin anak gitu. Macam komedi putar tapi tempat duduknya dari bola besar. Duh, saya udah deg-degan aja kalo Kinan lewat trus kesenggol bola gedenya itu. Masalahnya itu komedi putarnya deket sama kuda-kudaan dan prosotan. Sudah mulai panik daku. Kemudian mlipirlah saya. *hehehe*
Jadi penting untuk memilih arena bermain yang pas untuk usia anak kita. Yang nyaman dan aman pastinya ya.

#Selalu bawa Kaos Kaki 
Kalo bermain di playground berbayar biasanya syaratnya  harus pake kaos kaki, baik untuk si anak atau si pendamping. Tapi kalo semisal mendadak atau kelupaan ga pake kaos kaki , di KIDZOONIA juga jual kok, harganya berkisar antara 5000-10.000 saja.

#Fokus menemani anak saat bermain 
Saya sih nemenin Kinan main. Tapi sambil mideoin atau motoin gitu. Namanya fokus ga? *hayo??*. Gak boong,. pengen juga bisa mengabadikan moment lucunya Kinan saat main. Jadi, kemaren ceritanya Kinannya main saya mideoin. Habis itu Kinanya  kesenggol anak lain, trus jatuh. Bibirnya jontor berdarah. Nangis sejadi jadinya. Sedih dan nyesel  juga sik sayanya kenapa bisa kejadian.. Beberapa menit kemudian, anaknya udah ketawa ketawa lagi sambil bibirnya tebel gitu.
Kitalah yang paling tahu kapan waktu yang tepat kita mideoin atau motoin anak kita kan ya. Curi curi check WhatsApp atau Instagram boleh juga lah, tapi diwaktu yang tepat. Untuk anak seusia Kinan yang mesti kudu diawasi, sebaiknya jangan lengah. *noted to self* 

#Break bentar untuk ke loker ambil minum dan ngemil 
Kinan kemaren cuman beli tiket yang sejam, gimana sama bu ibuk yang beli tiket fullday. Bisa kebanyang kan lamanya nunggu. pasti haus dan kelaparan. Si anak juga gitu, mungkin keasikan sampai lupa kalo haus dan lapar. Agak bahaya juga sik kalo ga diingetin. Karena di KIDZOONIA itu gak dibolehin bawa makanan minuman di arena bermain (yha iyalah, kalo dibolehin bisa kotor nanti arena bermainnya), maka kalo lapar dan haus, bolehlah break bentar ke loker untuk Minum dan Makan. Di KIZOONIA JCM ada lokasi yang mereka sebut sebagai lounge/serambi tempat para pendamping nunggu. Disanalah kita bisa makan dan minum dengan rapi dan bersih.

#Ajak anak ke toilet
Kalo pendampingnya kebelet pipis sebaiknya sih ajak anak juga ke toilet. Semisal kita cuman berdua doang dengan anak ya. Kalo kita sama suami , ya titipin dulu anak ke suami. Keluar sebentar dari arena bermain trus titipin ke suami / keluarga lainnya, baru deh kita ke toilet. Atau gantian pendamping dengan keluarga kita gak papa. Jangan titipkan anak kita ke petugas. Saya sih ga nyaman ya kalo dititipin ke petugas.

#Ajarkan anak untuk antri menunggu giliran dan bermain dengan aman. 
Inget kasus Bapak marah marah di arena bermain karena anaknya si Bapak kena ayunan. Duh buibuk, saya juga kemaren deg-degan pas Kinan main di dekat kolam bola yang ada prosotannya gitu. Takut Kinanya kena. Kinanya sih mana mudeng , kitanya yang deg-degan tiap anaknya mendekat. Selain kita fokus menjaga anak kita pada saat bermain, penting juga untuk kita selalu ingatkan anak kita untuk bermain dengan aman dan melihat sekeliling. Awas dengan kondisi sekitar. Karena kan disana pasti banyak anak yang sliwar sliwer. Apalagi kalo permainannya lompat lompatan gitu. Ngeri liatnya. Ohya,  penting juga mengajarkan ke anak kita untuk mau menunggu dan bermain secara bergiliran. Secara yang main banyak, permainanya terbatas juga kan.


Nah, itu tadi beberapa tips singkat dari saya kalo mau  bermain di playground. Semoga bermanfaat ya.
Kalo buk-ibuk ada cerita apa kemaren weekend? Kalo ada tips bermain di playground versi buk-ibuk juga boleh dishare lho....



SEKILAS INFO :
Dimana sih buk lokasinya KIDZOONIA itu??
di Jogja ada di Hartono Mall (lantai 1) dan di Jogja City Mall (lantai 2)

Harga tiket masuknya berapa??
Weekday 60ribu Weekend 90ribu (untuk 1 jamnya)
Weekday 100 ribu  Weekend 150ribu (untuk full day)
H arga sudah termasuk 1 pendamping. Kalo mau tambahan pendamping, kena biaya 30ribu rupiah
untuk update harga bisa cek di websitenya KIDZOONIA ya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar