Kamis, 20 Agustus 2015

Kekian Ala Ala






Saya dan suami paling suka makan bakmi Jawa. 
Dan kita punya beberapa langganan kalo pengen ngebakmi. 
Suatu ketika, bertemulah kami dengan warung Bakmi Jawa 
Semarang Pak Slamet di deket stasiun Lempuyangan. 
Saya jatuh cinta.
 Rasanya mengingatkan saya akan kampung halaman saya. 
Saya ingat Bakmi Jawa Pak Jari deket rumah saya. 
Rasanya mirip. Entah kenapa Bakmi Jawa Semarang itu khas rasanya.
 Kuahnya agak kental, rasa ebinya nendang. Trus juga ada kekiannya. 
Nah itu yang jarang ditemui di warung bakmi jawa di Jogja.
 Ada juga sate daging ayamnya. 
Dari makan bakmi jawa Semarang yang ada kekiannya itu, 
suami bilang ke saya  
Kamu kan sering tuh bikin cap cay, mbok bikin cap cay yang ada kekiannya gitu” katanya


Wah, saya jadi merasa tertantang. Cuman bukin kekian aja kok.
 Apa susahnya. Batin saya
Eh, ternyata browsing di website Sajian Sedap, adalah resep Kekian Goreng. 
Baca dan resapi setiap resepnya. 
Wah, kok ternyata ada udang segala. Lagi gak punya stok udang dirumah. 
Cuman ada sayur dan buah aja di kulkas.
Meski begitu, tak patah arang semangat saya buat menyenangkan hati suami *hehehe
Bikinlah saya kekian ala-ala. 
Harusnya yang namanya kekian itu ya adonan tepung terigu dengan campuran telur dan daging ayam giling/udangnya. 
Tapi karena namanya “kekian ala-ala” maka hanya 
adonan tepung terigu, air, dan telur saja Plus penyedap rasa. 
Saya campur dengan irisan daun bawang dan seledri. 
Goreng trus jadi deh. 
Tinggal diiris-iris untuk campuran masak Cap Cay.

Saya sih emang rajin bikin cap cay.
 Tumis sayuran ini jadi andalan saya kalo lagi pengen banyak makan sayur.
 Brokoli, Sawi, Wortel, Kembang Kol, Kol, Sawi Putih, Bakso, Sosis.
Itu aja udah meriah. 
Ah, tapi gak ada salahnya kan nyenengin suami. 
Untuk bumbu CapCay sendiri saya selalu pake bawang putih, saos tiram, saos inggris dan kecap inggris. 
Bumbu capcay ini selalu jadi andalan saya. 

Capcay dengan Kekian ala-ala siap sedia di meja makan
Suami bahagia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar